Jumat, 10 Oktober 2014

Mengevaluasi Dampak Limbah Plastik Pada Lingkungan



Mengevaluasi Dampak Limbah Plastik Pada Lingkungan

Pada kali ini saya akan membahas mengenai pengevaluasian limbah yang ada di lingkungan kita seari-hari. Berbagai macam masalah limbah yang ada dilingkungan kita baik sampah organik maupun nonorganik. Seringkali kita membiasakan membuang sampah-sampah tersebut tidak pada tempatnya dikarenakan berbagai faktor, mungkin tidak adanya tong-tong sampah disetiap jalan atau karna faktor lainnya.



            Contohnya saja seperti limbah plastik yang sering sekali kita gunakan sebagai bahan tempat makanan, minuman, dan lain sebagainya. Plastik ini adalah bahan yang sangat sulit untuk diuraikan oleh mikrorganisme kecil kalu pun bisa membutuhkan waktu yang sangat amat lama. Apabila dibiarkan akan sangat merugikan masyarakat indonesia ini seperti yang kita amati dilingkungan sekeliling kita sampah plastik yang terseret pada solokan pembuangan ini akan mengakibatkan terhambatnya saluran pengairan yang akan mengakibatkan pemuaian jumlah air disuatu tempat dan akan mengakibatkan banjir apabila disuatu komplek atau rumah mengalami hujan kecil akan mengakibatkan kemungkinan banjir, apalagi pada musim hujan yang jumlah volume air yang sangat banyak dan sering terjadinya hujan akan mengakibatkan kerugian besar.




            Dampak lingkungan lainnya yang bisa kita lihat adalah sungai-sungai yang arus airnya terhambat  oleh berbagai macam sampah, akan berdampak jauh lebih besar dan banjir akan bisa menyelamkan rumah-rumah disebuah kota. Barang-barang berharga pun bisa terseret arus banjir tersebut dan tak jarang banjir yang melanda jakarta bisa memakan korban jiwa apabila tidak ada penanganan sengenai evaluasi banjir tersebut.
            Banyak sekali dampak merugikan apabila sampah yang kita buang sembarangan ini terus dijalankan dan akan membuat semakin parah kehidupan masyarakat ini. Mulailah menjaga sedikit lingkungan kita agar tidak berdampak buruk bagi makhluk hidup lainnya dan membantu pemerintah meringankan beban sampah dengan membuang sampah pada tempatnya. Biarkan kita yang memulai dan semoga pemerintah juga memulai :)
 
Ada banyak cara yang kita lakukan dengan mengatasi sampah plastik dan sampah lainnya dipostingan selanjutnya saya akan membahas penaggulangan sampah-sampah tersebut yang mungkin bisa membantu. Sekian pembahasan kali ini semoga bisa memberi pencerahan sedikit dan memulai hidup lebih baik.

1 komentar: